Home » keluarga » Dampak Positif Program Keluarga Berencana Pada Kesehatan

Dampak Positif Program Keluarga Berencana Pada Kesehatan

Dampak Positif Program KB Pada Kesehatan

Program Keluarga Berencana merupakan suatu program yang dilakukan dengan cara mengendalikan kelahiran anak dengan baik. Dalam program ini disarankan untuk lebih baik memiliki dua orang anak. Ada beberapa hal penting yang sebaiknya masyarakat ketahui tentang Program Keluarga Berencana. Salah satunya adalah dampak-dampak positif dari program ini.

Baca Juga : Hal Penting Tentang Program Keluarga Berencana

Penerapan Program Keluarga Berencana memang memberikan banyak sekali dampak diberbagai bidang, salah satunya adalah pada bidang kesehatan. Tidak hanya pada kesehatan anak-anak saja, melainkan seluruh anggota keluarga baik ayah dan ibu. Mungkin memang untuk menjalankan program ini perlu dibicarakan dan direncanakan dengan baik agar dapat berjalan dengan baik.

Berikut Ini Beberapa Dampak Positif Program Keluarga Berencana Pada Kesehatan

Kesehatan memanglah sangat penting untuk selalu dijaga, terutama dalam sebuah keluarga. Ada beberapa dampak positif dari penerapan program keluarga berencana pada kesehatan. Berikut ini penjelasannya :

1. Ibu

Program ini akan menjaga kesehatan ibu dan ibu tidak mudah terserang penyakit. Ibu tidak akan mengalami proses kehamilan yang terlalu sering sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker rahim dan juga serviks. Selain itu, juga akan mencegah terjadinya penyakit menular. Seorang ibu juga akan bisa mengasuh dan memberikan perhatian lebih pada anak-anaknya dengan baik.

2. Ayah

Bagi seorang ayah, program keluarga berencana juga memiliki dampak positif bagi kesehatannya yang akan terjaga. Kesejahteraan tubuh secara fisik dan juga mental seorang ayah akan bisa terjaga dan terkendali juga dengan baik. Mencegah terjadinya penyakit menular juga. Dengan tanggung jawab yang tidak terlalu berat membuat pemikiran ayah tidak akan terlalu terbebani sehingga tidak mudah stress dan tertekan.

3. Anak

Dengan program ini kelahiran anak akan lebih baik dan sehat. Begitu juga setelah lahir, kesehatan anak juga akan lebih terjamin, karena mendapatkan perhatian penuh dengan baik dari kedua orang tuanya. Anak akan mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dan mencukupi. Mulai dari ASI hingga menu makanannya. Hal ini akan membuat tumbuh kembangnya akan berjalan lebih optimal. Perkembangan tersebut tidak hanya secara fisik saja akan tetapi secara mental juga.

4. Semua Keluarga

Dengan kesehatan ibu, ayah , dan anak – anak yang terjaga dengan baik, secara otomatis akan menumbuhkan keluarga sehat dan sejahtera. Semua anggota keluarga akan bisa saling memberikan perhatian tentang masalah kesehatan. Seorang ibu akan bisa mengurus suami dan anak-anak dengan baik. Bisa menyajikan menu makanan yang menyehatkan dan bergizi. Seorang ayah juga bisa menjadi kepala keluarga yang baik dan bisa melindungi keluarganya.

Itulah beberapa dampak positif penerapan Program Keluarga Berencana yang baik pada bidang kesehatan keluarga. Dengan kesehatan tubuh keluarga yang baik, maka akan tercipta keluarga yang sejahtera serta harmonis. Berbagai kebutuhan nutrisi dan gizi yang penting untuk tubuh akan terpenuhi dengan baik.

Dengan begitu, akan lebih baik jika setiap keluarga bisa menjalankan program keluarga berencana ini. Karena tidak hanya baik untuk kesehatan saja, akan tetapi juga di berbagai bidang. Selain itu juga akan tercipta sebuah negara yang sehat dengan laju pertumbuhan penduduk yang terkendali.